Minggu, 27 Januari 2013

BAB I


BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang On The Job Training
Di era globalisasi ini telah banyak didirikan sekolah Pariwisata khususnya perhotelan baik setingkat Sekolah Menengah Kejuruan atau Perguruan Tinggi. Sekolah tersebut mempunyai banayak program, salah satunya On The Job Training. Program tersebut sangatlah paling untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar profesional di bidang Pariwisata khususnya Perhotelan.
On The Job Training merupakan salah satu cara yang dilaksanakan oleh sebagian besar Lembaga Pendidikan, baik formal maupun nonformal. Dalam pelaksanaan On The Job Training ini dapat membina dan melihat seseorang untuk mempraktikan segala teori yang telah diperoleh dan dipelajari ke dalam dunia industry secara nyata. Dari segi itulah saya melihat latar belakang pentingnya program On The Job Training.

B.        Tujuan On The Job Training
Tujuan On The Job Training adalah untuk mengetahui keadaan serta gambaran cara kerja di Hotel khususnya di Front Office Department, serta membandingkan secara langsung ilmu-ilmu yang telah dipelajari di sekolah untuk dipraktekkan di Hotel. Serta untuk melatih kedisiplinan, keterampilan,pengalaman kerja dan mental yang kuat untuk mengahadapi dunia luar yang belum begitu diketahui.
Tujuan Penyusunan Laporan Praktik Industri atau On The Job Training:
1.    Sebagai dokumentasi tertulis seputar pengetahuan hotel tempat praktik industri (Puri Artha Hotel Yogyakarta).
2.    Sebagai bentuk pertanggungjawaban siswa terkait pelaksanaan Praktik Industri yang telah dilaksanakan dengan kurun waktu sekitar 3 bulan.
3.    Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional.

C.       Manfaat On The Job Training
1.    Mengetahui secara nyata perkembangan atau kemajuan dari jenis dan fungsi peralatan bidang kerja Front Office Department.
2.    Mengetahui secara riil permasalahan yang sering timbul dan penyelesaiannya di bidang kerja Front Office Department.
3.    Mengetahui tentang bagaimana beradaptasi di lingkungan kerja dan memberikan pelayanan kepada tamu supaya menciptakan hubungan harmonis saat kerja dan dalam melayani tamu, sehingga merupakan pengalaman yang berharga bagi peserta Praktik Industri atau On The Job Training.

Manfaat Penyusunan Laporan Praktik Industri atau On The Job Training:
1.    Membiasakan diri dalam mendokumentasikan segala kegiatan, pengetahuan baru, pengalaman baru terkait dengan Praktik Industri atau On The Job Training.
2.    Laporan ini bisa menjadi salah satu sumber belajar bagi penyusun, adik kelas dan pembaca lainnya terkait pengetahuan dan ketrampilan dalam kegiatan di Front Office Department di Puri Artha Hotel yang mana merupakan salah satu hotel bintang *** yang merupakan kebanggaan Kota Yogyakarta.
4.    Laporan Praktik Industri merupakan bahan referensi sekolah terkait bidang kerja Front Office Department.

D.    Tempat On The Job Training
Tempat yang digunakan untuk Praktik Industri atau On The Job Training ini yaitu di Front Office Department yang meliputi seksi Reception, Reservasi dan Operator di Puri Artha Hotel Yogyakarta yang beralamat di Jl.Cendrawasih No.36 Yogyakarta.

E.     Lokasi On The Job Training
Saya melaksanakan On The Job Training di Puri Artha Hotel Yogyakarta yang berlokasi di Jl.Cendrawasih no.36 Demangan Baru,Yogyakarta-Indonesia.


F.    Waktu dan Pelaksanaan On The Job Training
Dalam menentukan tempat On The Job Training, pihak sekolah memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukannya, tetapi ada juga pihak hotel yang sedang membutuhkan anak-anak training. Dengan tujuan agar bidang yang akan dijalani sesuai dengan keinginan siswa/siswi. Pihak sekolah memberikan persetujuan dan tidak lepas dari bimbingan serta pantauan Bapak/Ibu Guru di sekolah.
On The Job Training ini wajib dilaksanakan bagi seluruh siswa/siswi di Sekolah Menengah Kejuruan khususnya bagi kelas 2, pelaksanaan On The Job Training tersebut selama 3bulan atau sesuai kesepakatan dari pihak Hotel dengan Sekolah. On The Job Training ini juga merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan oleh pihak sekolah, agar siswa/siswi mendapatkan sertifikat dan nilai standard kelulusan untuk kelas 3 nantinya.

2 komentar:

  1. Terlalu pendek, tapi menarik juga! thanks y mbak :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus